Sambutan Ka.PINSAKONAS pada Milad ke-3 SAKO Pramuka SIT

Ada hal menarik pada 3 Juni 2008, saat penutup Kemnas Pandu SIT. Dalam acara tersebut telah dideklarasikan terbentuknya Pramuka Sekolah Islam Terpadu. Melalui hasil Munasis pengurus JSIT Pusat dan wilayah.

Point penting dalam deklarasi tersebut adalah semangat membangun NKRI secara bersama seraya berkontribusi dalam membentuk Karakter generasi muda melalui Gerakan pramuka.

Seiring perjalanan waktu, terbitlah UU No.12 tahun 2010, di mana salah satu keunikannya adalah nomenklatur Satuan Komunitas, yaitu gugus depan yang memiliki kesamaan profesi, agama, latar belakang dan sebagainya.

Mengacu pada hal tersebut, Kwartir Nasional memberikan tambahan kata SAKO di depan kata Pramuka SIT sebagai sebuah komunitas yang telah lama berkiprah bagi negeri ini melalui JSIT Jaringan Sekolah Islam Terpadu.

Sebagaimana amanah UU No. 12/2010, SAKO merupakan mitra  strategis Gerakan Pramuka dalam mewujudkan Pramuka yang beriman, berkarakter, memiliki ketrampilan dan bermanfaat bagian orang lain.

Maka kemudian pada tanggal 25 Nov 2013 kami dikukuhkan sebagai Satuan Komunitas.

Sebagai mitra Gerakan Pramuka, SAKO Pramuka SIT secara mandiri telah berupaya menyelenggarakan berbagai kegiatan kepramukaan baik tingkat cabang hingga tingkat Nasional, bahkan sampai tingkat regional di luar negeri.

Sejak 3 tahun terakhir, SAKO Pramuka SIT berupaya menguatkan kepemimpinan di tingkat daerah dgn terbentuknya 10 Pinsakoda di tingkat Kwarda, seperti di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepri, Sumsep, Lampung, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

Hingga saat ini kiprah SAKO Pramuka SIT juga telah banyak menghasilkan para pelatih melalui kursus2 yg diselenggarakan pusdik  dari jenjang KPD dan KPL, yang kemudian telah berkontribusi membantu Pusdik GP membentuk para pembina pramuka yang berkarakter dan berkualitas, termasuk di lingkungan SIT itu sendiri.

Mohon doa dari hadirin sekalian dgn berbekal motto “Dengan Islam kami terus melangkah, dengan Taqwa kami meraih cita” semoga kami mampu mencapai visi“menjadikan Taqwa, Tangguh, Tangkas dan Teguh dalam pribadi yang sholih.”bagi para pembina dan peserta didiknya.

Untuk itu pada milad ke 3 ini kami mengusung tema:

“Tumbuhkan Tunas-tunas Bangsa menjadi Generasi Emas yang Bertaqwa, Berkarakter, Inovatif dan Mandiri.”

 

Cibubur, 25 Nopember 2016

Ahmad Fikri, S.Pd

Ketua SAKO PRAMUKA SIT
Tingkat Nasional